banyuwangi

4 Karnaval Paling Meriah di Indonesia

Karnaval jalanan nggak cuma ada di Rio de Janeiro, Brazil lho. Di Indonesia juga ada dan meriah pula. Karnaval Jalanan di Indonesia ini berdampak besar terhadap pariwisata dan perekonomian daerah lho. Tour paket wisata, penginapan selalu penuh ketika karnaval-karnaval itu diadakan.

Berikut 4 karnaval paling meriah di Indonesia dan luar negeri:

1. Solo Batik Carnival

Karnaval ini tujuannya untuk mempromosikan batik Indonesia. Solo Batik Carnival menampilkan parade berisi ratusan orang berbusana batik di Jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo. Sekarang Solo Batik Carnival digelar pada malam hari dan banyak menyedot perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.
www.surakarta.go.id

Solo batik carnival

2. Banyuwangi Ethno Carnival

Banyuwangi nggak cuma banteng dan Alas Purwo lho. Banyuwangi Ethno Carnival pertama diadakan pada 22 Oktober 2011 dan menampilkan ratusan orang berbusana etnik dalam tiga tema: Gandrung, Darmawulan, dan Kundaran.
www.banyuwangiethnocarnival.com

3. Jember Fashion Carnival

Jember Fashion Carnival merupakan karnaval jalanan paling terkenal dan terbesar di Indonesia. Sekarang memasuki penyelenggaraan yang ke 14 tahun. Jember Fashion Carnival juga pernah tampil di luar negeri mewakili Indonesia di karnaval jalanan dunia. Bahkan desainer kostum Jember Fashion Carnival juga membuat kostum Borobudur yang dipakai oleh Elvira Devinamira di ajang Miss Universe dan menjadi juara di kategori kostum nasional.
www.jemberfashioncarnival.com

jember fashion carnival

4. Rio Carnival

Rio carnival ini pertama digelar tahun 1723 dan Rio Carnival hingga hari ini tercatat sebagai karnaval jalanan paling besar dan meriah di dunia. Selain pesertanya yang emang banyak banget, penonton Rio Carnival ini juga datang dari berbagai penjuru dunia.
www.rio-carnival.net

 

 

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts