Komunitas Teknologi di Indonesia

Be Aktive & Creative! 5 Komunitas Teknologi di Indonesia yang Bisa Kamu Ikuti

Aktif dalam sebuah kegiatan komunitas memang menyenangkan, apalagi komunitas ini sesuai sama passion kita, udah gak usah ditanya lagi, langsung aja gabung.

Komunitas adalah salah satu wadah bagi kita untuk sharing ilmu dan berbagi informasi. Buat kamu yang belum pernah bergabung dalam komunitas kreatif, berikut ada 5 Komunitas teknologi kreatif yang bisa menjadi bahan pertimbangan buat kamu yang mau belajar ataupun hanya sekedar mencari teman, banyak teman banyak rejeki, banyak teman banyak pengetahuan, dari semuanya kita akan belajar, komunitas adalah salah satu wadahnya.

Komunitas di Indonesia sendiri beragam jenisnya, dan semuanya saya yakin memiliki fungsi dan tujuan masing-masing, termasuk komunitas teknologi yang akan kita bahas kali ini. Yuk langsung aja kita lihat, komunitas teknologi apa saja yang bisa kita ikuti :

1. Komunitas Video Kreatif (Indovidgram)

Indovidgram

Buat kamu yang gak pernah kehabisan ide dan terlalu kreatif, cobalah untuk bergabung bersama komunitas Indovidgram, sebuah komunitas yang fokus membuat video berdurasi singkat untuk di upload di instagram. Ya, instagram adalah media utama dari temen-temen Indovidgram untuk mem-publish video mereka.

Bagi yang punya koleksi video lucu dan kreatif, bisa meng-upload videonya di instagram dengan hastag #indovidgram. Tim dari indovidgram yang nantinya akan merepost video yang telah kamu upload.

Indovidgram sendiri dibentuk pada 6 April 2014, berawal dari ide @benakribo yang aktif sebagai blogger dan creativepreneur, saat itu ia melihat peluang di sosial media instagram, dimana banyak orang yang mulai meng-upload video-video berdurasi singkat dan menghibur.

2. Komunitas Drone Indonesia

Komunitas Drone Indonesia

Selanjutnya ada komunitas Drone Indonesia. Kamu yang pengen jadi pilot pesawat terbang tapi belum kesampaian, gak ada salahnya mencoba untuk menjadi pilot pesawat tanpa awak atau yang lebih akrab di sebut Drone.

Komunitas ini berawal dari perkumpulan penggemar drone buatan Parrot dan DJI. Karena perkembangan drone semakin ramai, akhirnya dibentuk komunitas yang menggabungkan semua merek drone, yaitu Komunitas Drone Indonesia.

Kegiatan lain yang sering diadakan oleh komunitas ini adalah gathering, latihan terbang, dan terkadang ada perlombaan aerial photography antar anggota.

3. Komunitas GProID

Komunitas GoProID

Yang suka fotografi atau mengabadikan momen-momen tertentu menggunakan action camera gak ada salahnya untuk mencoba ikut dalam komunitas ini.

Pada awalnya, komunitas ini bernama GoProID. Namun, oleh GoPro, mereka tidak diperbolehkan menggunakan nama GoPro sebagai nama komunitas. Akhirnya, komunitas yang didirikan pada 23 Februari ini pun berganti nama menjadi GProID.

Komunitas ini berpusat di Jakarta, namun juga ada komunitas yang sama di berbagai daerah di Indonesia, cabang dari GProID. Mereka juga aktif di media sosial seperti kaskus dan twitter.

Selain itu, kamu juga bisa berkenalan dan belajar teknik-teknik penggunaan GoPro dengan pengguna lainnya, baik di kotanya sendiri maupun dengan anggota komunitas dari kota yang lain.

4. Komunitas Sobat Budaya

Komunitas Sobat Budaya

Kita mungkin sadar ada banyak sekali warisan budaya di bumi pertiwi ini, bisa dibilang ada jutaan.  Sementara data yang terhimpun di situs Budaya Indonesia baru menyentuh angka 20 ribu (data:desember2015). Sehingga diperlukan partisipasi publik yang lebih luas dalam proses inventarisasi data kebudayaan Indonesia.

Karena alasan tersebut, didirikanlah Yayasan Sobat Budaya pada tanggal 7 Juli 2014. Tujuannya adalah untuk membangun dan mengembangkan Perpustakaan Digital Budaya Indonesia, serta mendorong upaya pelestarian, penelitian, promosi, pendidikan, partisipasi dan apresiasi masyarakat kepada pengembangan budaya Indonesia.

Salah satu program komunitas Sobat Budaya adalah Gerakan Sejuta Data Budaya yang mengajak publik yang menggunakan internet untuk berpartisipasi menghimpun dokumentasi budaya yang ada di sekitarnya secara crowdsourcing. Selain bisa dilakukan lewat situs Budaya Indonesia, publik juga bisa menyumbang dokumentasi budaya melalui aplikasi mobile. Untuk saat ini, aplikasi Info Budaya telah telah tersedia untuk platform iOS, Android, dan Blackberry.

5. Komunitas Pebblenesia

Komunitas Pebblenesia

Gadget bernama smartwatch memang sedang trending awal tahun ini, vendor dari berbagai belahan dunia juga bersaing dalam menciptakan jam tangan pintar, dari Huawei, Apple, Xiaomi dan masih banyak lagi. Meskipun jam tangan pintar Pebble belum tersedia secara resmi di Indonesia, namun temen-temen pengguna bisa bergabung dalam komunitas Pebblenesia.

Komunitas ini berawal dari sebuah thread di kaskus yang akhirnya dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Gak hanya aktif di dunia maya, tetapi juga kerap mengadakan acara offline seperti gathering atau meet-up. Tujuannya, supaya anggotanya bisa saling mengenal secara langsung, bisa ngobrol dan berbagi informasi seputar Pebble.

Komunitas ini juga aktif di Instagram. Selain banyak memberikan update tentang Pebble, terkadang diadakan juga kuis berhadiah untuk meramaikan suasana. Akun Instagram Pebblenesia juga sering me-regram foto Pebble para anggotanya. Jika kamu tertarik dengan teknologi smartwatch, silakan follow akun instagramnya di @Pebblenesia

Itu tadi 5 Komunitas seputar teknologi kreatif yang bisa menjadi pilihan kamu untuk berbagi pengetahuan ataupun mencari teman.

Sampai ketemu lagi di komunitas-komunitas seru selanjutnya 😀

Gambar: Ilustrasi komunitas teknologi via lazorpoint

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts