deka-exi(s)

DEKA-EXI(S), Seni Rupa Sebagai Bahasa Sekaligus Media

Cause visual can speak louder!

Mungkin itu peribahasa yang tepat saat ini di era digital. Hal itu yang membuat terbentuknya komunitas DEKA-EXI(S).

DEKA-EXI(S) berdiri dari kelompok beranggotakan perorangan dari berbagai disiplin ilmu dan profesi seni, yang dipertemukan kembali dalam sebuah forum ketika bersama-sama menempuh program pascasarjana pendidikan seni di Yogyakarta. Kelompok ini mengkhususkan diri dalam penelitian dan kegiatan yang menggunakan medium seni rupa sebagai bahasa sekaligus medianya.

Komunitas DEKA-EXI(S) menyajikan berbagai dimensi yang secara umum merupakan karya-karya konvensional dan beberapa diantaranya mengarah kepada seni rupa eksperimental. Kenyataan tersebut menjadi ukuran awal bagi para penyaji dan penikmat guna mengarungi bahasa visual yang dihadirkan.

Secara keseluruhan, komunitas DEKA-EXI(S) berupaya mempresentasikan hasil karya yang merupakan proses akumulasi ‘pemikiran’ dan ‘rasa’ selama dalam proses pendidikan formal. Mereka berusaha menggali ‘candu-candu baru’ sebagai doping guna meningkatkan semangat berkesenian yang beragam, dibalik fakta eksternal yang mempertanyakan nilai-nilai dan makna-makna yang mungkin ‘berlawanan’ atau ‘perlawanan’. Singkatnya, para penikmat bukan hanya ingin menikmati wahana estetika visual dan wacana pemikiran yang disajikan, namum mereka berharap adanya ruang dialog yang menguji — “apakah mereka sejatinya ‘para pecandu’ di seni rupa yang sebenarnya? — mengingat para penyaji merupakan mahasiswa penciptaan seni rupa pascasarjana yang sedang belajar meningkatkan strata ‘rasa candu’ yang selama ini telah dimiliki.

Tertarik ingin bergabung?

Ini media sosialnya :

Akun Facebook Komunitas DEKA-EXI(S)

Grup Facebook Komunitas DEKA-EXI(S)

Twitter Komunitas DEKA-EXI(S)

Salam yah dari youthyakarta.com

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts