dreamdelion feature

Dreamdelion, Memecahkan Isu Sosial dengan Pendekatan Kewirausahaan

Isu sosial di masyarakat yang paling sering jadi fokus adalah ekonomi. Hal ini membutuhkan inovasi dan kreatifitas masyarakatnya untuk keluar dari masalah ini. Tapi sifat masyarakat kebanyakan malas untuk menemukan inovasi dan kreatifitas itu sendiri dan malah mereka memilih untuk bekerja atau melanjutkan pekerjaan yang sudah ada sejak lama tanpa perubahan. Hal itu yang membuat keprihatinan sekelompok anak muda untuk mendirikan komunitas atau organisasi yang menangani permasalahan tersebut di masyarakat. Dari situ, dibentuklah Dreamdelion.

Dreamdelion Jogja didirikan 10 november 2013, dimana keberadaannya dilatarbelakangi oleh dua permasalahan masyarakat di Jogja. Pertama, berupa masalah sosial yang meliputi kondisi sosial ekonomi masyarakat, pendidikan rendah, dan akses terhadap pekerjaan. Dalam konsep kewirausahaan sosial, masalah sosial tidak harus diselesaikan dengan bantuan-bantuan sosial, melainkan bisa juga diselesaikan dengan pendekatan kewirausahaan. Kedua, masalah budaya yang meliputi tradisi yang hampir punah dan kebudayaan yang kurang berkembang.

Sebelum membuat program, Dreamdelion melakukan riset terlebih dahulu kepada masyarakat, dengan tujuan agar Dreamdelion bisa merancang program-program sesuai kebutuhan masyarakat tersebut.

Dreamdelion diambil dari dua kata, dream yang berarti mimpi dan dandelion yang diambil dari nama bunga dandelion. Dreamdelion ingin menyebarkan manfaat-manfaat kepada masyarakat marjinal di Indonesia melalui mimpi-mimpi sederhana.

Visi kedepan, Dreamdelion ingin menjadi bisnis sosial kreatif yang memberdayakan masyarakat marjinal untuk mencapai kemandirian secara berkelanjutan.

Tertarik ingin bergabung?

Ini media sosialnya :

Situs Dreamdelion

Twitter Dreamdelion

Fans Page Facebook Dreamdelion

Jangan lupa yah, titip salam sama kakak-kakak Dreamdelion yang jasanya sangat besar dari youthyakarta.com 😉

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts