Gerakan 1000 Startup, Berkarya untuk Bangsa

Gerakan 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020. Gerakan nasional ini ingin menciptakan 1.000 perusahaan rintisan (startup) berbasis digital yang akan mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya.

Gerakan ini diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama KIBAR yang bergerak untuk membangun ekosistem startup teknologi di Indonesia bersama kreator, komunitas, akademisi, media, korporasi, dan pemerintah.

Nah, untuk menuju kesana, penggagas gerakan 1000 startup mengadakan seminar pendahuluan bertajuk “Ignition” yang merupakan event pembuka dari berbagai event yang akan mereka agendakan. Event Ignition kali ini bertema ‘Membangun Pola Pikir Founder Startup’ dengan target ingin menanamkan pola pikir enterpreneurship kepada masyarakat terutama anak-anak muda Indonesia.

Event Ignition Yogyakarta akan diselenggarakan di Auditorium Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada Sabtu tanggal 13 Agustus 2016 dengan menghadirkan beberapa pembicara di bidang teknologi, kreatif, maupun startup, seperti;

A. Noor Arief, Direktur Utama Dagadu; Afit Husni, Co-Founder Ngonoo; Affi Aditya Khresna, Head of Idea Labs Srengenge; Andres Aditya Swasti, Co-Founder Nebengers; Kristupa Saragih, Founder fotografer.net; Muhammad Ghufron Mustaqim, VP of Service and People Operations Sale Stock; Nendra Rengganis, Head of Operations Hipwee; Phutut EA, Founder Mojok; Rubby Emir, CEO Kerjabilitas; dan Seto Lareno, Head of People Partner for Technology Division GO-JEK.

Poster Ignition Jogja

Bagi kalian yang ingin ikut event ini, bisa langsung mendaftar dengan mengisi form registrasi di reg.1000startupdigital.id. Program ini terbuka untuk yang sudah ataupun belum memiliki ide, baik individu atau tim, bahkan untuk kalian yang sudah memiliki produk. Namun, jika ingin mendaftar dengan tim, semua anggota harus mendaftar secara individual, dan mengikuti program dari awal hingga akhir.

Salah satu syarat pendaftaran, semua peserta harus membuat sebuah video berdurasi maksimal 2 menit, yang menggambarkan masalah besar yang ingin diselesaikan, beserta ide dan solusi yang akan dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital. Video tersebut kemudian diunggah ke YouTube dengan menyertakan hashtag #1000startupdigital. Pendaftaran ditunggu sampai tanggal 9 Agustus 2016.

Saatnya berkarya untuk bangsa!

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts