Mantan pasukan Inong Balee Gerakan Aceh Merdeka (GAM)  dari berbagai daerah di Aceh mengusung bendera berlambang bulan sabit setibanya di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (1/4)

Gerakan Aceh Merdeka Didirikan

ON THIS DAY

Gerakan Aceh Merdeka didirikan oleh Hasan di Tiro di Aceh. GAM atau Gerakan Aceh Merdeka merupakan sebuah organisasi yang dianggap separatis oleh pemerintah Indonesia yang memiliki tujuan supaya Aceh lepas dari Indonesia. GAM sendiri didirikan oleh Hasan di Tiro dan beberapa pengikutnya pada tanggal 4 Desember 1976 di perbukitan Halimun, Pidie Aceh. Awalnya GAM bernama AM atau Aceh Merdeka.

Konflik dengan pemerintah Indonesia berlangsung dari tahun 1976 hingga perdamaian tahun 2005 dan menyebabkan hampir sekitar 15ribu jiwa meninggal dunia. Masa damai dengan pemerintah diawali dengan beberapa perundingan dan perundingan yang terakhir tanggal 17 Juli 2005 di Vantaa, Helsinki, Swedia selama 25 hari. penandatanganan nota kesepakatan damai dilangsungkan pada tanggal 15 Agustus 2005.

Poin penting perdamaian Aceh adalah bahwa pemerintah Indonesia akan turut memfasilitasi pembentukan partai politik lokal di Aceh. Dan pada pemilu tahun 2014 terdapat 3 partai lokal Aceh yaitu Partai Damai Ache, Partai Nasional Aceh dan Partai Aceh.

 

About the author

Mohammad Rikza

View all posts