gudeg feature

Gudeg, Makanan khas Jogja yang Terkenal

Yang tau jogja, pasti tau juga dong makanan khasnya yang terkenal. šŸ˜‰

Hingga kota yang istimewa ini dijuluki dengan makanan khasnya, ‘Jogja kota Gudeg’.

Yang belum tau apa itu gudeg, tenang. Kita akan menjelaskannya secara singkat, beserta asal usul nama Gudeg.

Gudeg itu, makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda, atau masyarakat sekitar sini menyebutnya dengan goriĀ yang dicampurĀ dengan santan atauĀ areh. Memasaknya dengan merebus nangka muda dan santan selama 24 jam untuk menguapkan kuahnya.Ā Sedang pelengkapnya antara lain nasi, ayam kampung, telur bebek yang telah dipindang dan direbus, tahu dan sambal goreng krecek.

Apa ada gudeg yang lain..?

Awalnya, gudeg yang dibuat adalah gudeg basah, gudeg yang disajikan dengan santan encer. Kemudian, lambat laun muncul gudeg kering dan gudeg solo. Gudeg kering disajikan dengan santan kental, jauh lebih kental dari santan pada masakan padang. Sedang gudeg solo, yaitu gudeg yang santannya berwarna putih.

Oh, gitu..

Jadi, dimana nyari tempat terkenal yang gudegnya enak..?

Daerah Wijilan dikenal dengan penghasil gudeg pertama di jogja. Dan warung yang terkenal menjual gudeg adalah Warung Gudeg Yu Djum. Warung gudeg ini buka sekitar tahun 1946 di daerah Wijilan dan tetap buka serta membuka banyak cabang sampaiĀ sekarang.

Kita dapat membawa gudeg ini sebagai buah tangan lho.. Gudeg yang biasa dijadikan oleh-oleh adalah gudeg kering, yang tahan selama 3 hari. KemudianĀ dibungkus denganĀ besek (anyaman bambu) atauĀ kendhilĀ (tanah liat yang dibakar membentuk mangkok besar).

Gimana, udah mencoba makan gudeg? Atau membawa oleh-oleh untuk dibawa kerumah? šŸ˜€

Ayo ke Jogja..

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts