healvolution aiesec ugm

Healvolution 2 AIESEC UGM dan Antusiasme Warga Lokal

Healvolution 2 adalah proyek dari AIESEC Universitas Gadjah Mada yang mana berfokus pada kesehatan dan pendidikan. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat orang-orang desa di Kulon Progo, Yogyakarta. Seperti proyek AIESEC pada umumnya, kami mengundang peserta pertukaran dari berbagai dunia untuk bergabung. Kami memiliki enam peserta pertukaran, diantaranya dari China, Mesir, Taiwan dan Vietnam. Kami berkumpul membentuk kelompok untuk berkontribusi dalam pemenuhan Sustainable Development Goals SDGs, nomer 3 yaitu Kesehatan.

HEAL 1  HEAL 3

Dalam proyek yang mengambil tema kesehatan dan pendidikan ini, kami membuat banyak kegiatan yang berhubungan dengan pengajaran, pelatihan, dan seminar. Setiap hari keenam peserta pertukaran akan mengajar di tiga sekolah di dekat desa. Mereka mengajarkan bahasa Inggris dan juga menyosialisasikan tentang pentingnya cara cuci tangan yang benar, cara menggosok gigi, dan bagaimana mencegah kontaminasi peyakit oleh nyamuk.

Berhubung proyek ini diadakan selama liburan sekolah, kami juga mengadakan kelas bahasa Inggris dan kesehatan lain di desa. Kami masih memberikan materi yang sama untuk diajarkan kepada anak-anak. Kami mengumpulkan semua anak di desa setiap jam 8 pagi hari dirumah Kepala Desa, Pak Dukuh. Kami mengajarkan hal yang sama namun dengan cara yang lebih menyenangkan. Kami kadang mengadakan nonton bareng sebagai salah satu media belajar bahasa Inggris dan karena proyek ini dilakukan di bulan Ramadan, terkadang anak yang datang juga sedikit. Namun jumlah yang sedikit tersebut tak menurunkan semangat peserta pertukaran dan segenap panitia untuk menyebarkan kebaikan. Setelah bulan puasa berakhir, jumlah anak-anak yang datang meningkat. Bahkan antusiasme masyarakat sekitar juga meningkat dengan adanya permintaan kelas tambahan bagi pemuda-pemuda desa dan ibu-ibu. Akhirnya peserta pertukaran akan mengajar pada pagi hari di sekolah, di sore hari mengajar pemuda desa dan jadwal khusus bagi ibu-ibu di desa. Adanya kelas zumba setiap hari rabu juga semakin membuat mereka semakin antusias.

HEAL 4 HEAL 2

Tidak hanya mengajarkan tentang bahasa Inggris, kami juga berfokus pada kesehatan. Acara utama kami diadakan pada 24 Juli 2016. Pada hari itu kami mengadakan kelas zumba bagi semua orang, dilanjutkan dengan color run disekitar desa, seminar bagi pemuda dan ibu-ibu serta tetua, hari budaya, dan juga pelayanan kesehatan publik. Tidak hanya membagikan pengetahuan tentang gaya hidup sehat, tapi juga aksi nyata untuk hidup sehat.

Sepanjang hari, antusiasme warga lokal tetap terjaga ditandai dengan diikutinya semua sesi yang ada. Bahkan ibu-ibu memenuhi ruang seminar yang dilakukan sore hari. Pada hari pelayanan kesehatan, banyak warga yang datang untuk melakukan check up. Hal yang sama juga terjadi pada hari dimana peserta pertukaran berbagi tentang budaya mereka ke warga lokal.

Rangakaian kegiatan Healvolution 2 AIESEC UGM ditutup dengan acara perpisahan antara peserta perpisahan dan panitia dengan warga lokal untuk seterusnya peserta pertukaran kembali ke negara asalnnya pada tanggal 31 Juli 2016.

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts