menginap di jogja

Homestay Murah Dekat UGM, Cocok Untuk Wisuda dan Wisata

Yogyakarta terkenal dengan julukan kota pelajar karena di kota inilah terdapat ratusan ribu pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah yang datang untuk mengenyam pendidikan. Dari dulu kampus-kampus di Jogja sudah menjadi jujugan para calon mahasiswa untuk mengenyam bangku kuliah di Jogja. Selain karena biaya hidup yang lumayan terjangkau, di Jogja juga terdapat satu kampus yang menjadi favorit se-Indonesia yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Sebentar lagi akan datang tahun ajaran baru, yang artinya akan semakin banyak lagi para pemuda yang berdatangan ke kota ini. Bagi para keluarga atau sanak saudara yang ingin mengantar anak, adik, keponakan, ataupun keluarganya tercinta ke kota pelajar ini, berikut saya rangkum beberapa penginapan murah yang berlokasi tak jauh dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Beberapa penginapan yang unik dan murah bisa kaliain pesan melalui website sepetak.com

1. Pondok Bugenvil I

Penginapan yang berlokasi di Jl. Gejayan (Jl. Affandi), ini juga tak jauh dari dua kampus UGM yang terkenal milik Yogyakarta. Penginapan merupakan penginapan murah dengan fasilitas TV LCD, area parkir yang cukup luas, hingga dapur umum. Untuk bermalam disini, Anda hanya perlu merogok kocek sebesar Rp 175 ribuan permalamnya.

Dari homestay Pondok Bugenvil I ini juga kalian bisa mengelilingi jogja dengan akses yang mudah karena Pondok Bugenvil I berada di kawasan yang strategis. Dari penginapan ini kalian bisa jalan-jalan ke Museum Affandi yang mengoleksi lukisan karya sang maestro lukis Indonesia. Bagi kalian pecinta wisata belanja bisa mampir ke Mall Ambarrukmo Plaza dan Lippo Plaza.

2. Bening Guest House

Penginapan yang beralamat di Jl. Samirono Lama CT VI/22 ini menawarkan kamar murah dengan desain interior yang modern dan minimalis. Lokasinya yang terletak tak jauh dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta ini menyediakan persediaan mobil dan motor juga. Fasilitas yang disediakan antara lain kamar berAC dan TV, kulkas, dan kamar mandi dalam serta internet hotspot. Terdapat taman kecil juga yang menambah keasrian udara di sekitarnya. Untuk tarif menginap permalamnya dipatok mulai dari Rp 165-215 ribuan untuk dua orang.

Bagi kalian pecinta kuliner silakan mencoba sate Samirono yang berlokasi dekat dengan Penginapan Bening Guest House. Atau untuk sekedar nongkrong cantik kalian bisa nongkrong di Indomaret Point Colombo. Disamping nongkrong dan jajan di Indomaret, kalian juga bisa mencicipi manisnya Markobar alias martabak kota barat milik Gibran Rakabuming Raka anak Presiden Jokowi.

3.  Ndalem Suratin Guest House

Penginapan yang satu ini memiliki nama yang cukup unik, bukan? Selain nama, penginapan ini memiliki arsitektur khas seperti Indis yang bisa membuat kita merasa seperti kembali ke masa hampir satu abad silam. Terdapat pajangan berupa foto-foto hitam putih dan barang-barang antik yang terbuat dari keramik juga perak asli disana. Penginapan yang beralamat di Jl. AM Sangaji ini menyediakan fasilitas rental mobil, paket wisata, sarapan, kamar berAC dan TV, kamar mandi luar, internet hotspot, serta tersedia pula ATM BNI. Biaya menginap di tempat ini permalamnya mulai dari Rp 198 ribuan untuk dua orang hingga Rp 528 ribuan untuk lima orang.

Banyak wisata menarik yang bisa dijangkau dari Ndalem Suratin seperti Tugu Jogja yang hanya berjarak kurang dari 300 meter. Dilanjut dari Tugu Jogja kalian bisa berbelanja dengan nyaman di Malioboro yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer.

4.    Rumah Gejayan

Rumah Gejayan menawarkan 4 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas AC, TV kabel, wi-fi, shower dengan air panas. Selain itu Rumah Gejayan juga menyediakan garasi dan parkir yang luas, ruang tamu dan dapur. Rumah Gejayan berlokasi di jln. Gambir CT VIII/140, Sleman, Jogja hanya butuh 20 menit  dari bandara Adisucipto dan 15 menit dari Stasiun Tugu. Jarak Rumah Gejayan dari UGM juga sangat dekat, hanya 2 menit dari kampus UGM.

Tempat menarik yang bisa kalian kunjungi diantaranya kolam renang kampus UNY untuk kalian yang hobi olahraga renang. Di area kolam renang UNY juga ada gym dan sarana olahraga lain yang bisa kalain coba. Di dekat penginapan Rumah Gejayan juga ada area lukis wajah dan sketch. Bagi kalian pecinta kuliner bisa mencoba kelezatan sate Samirono. Di Sate Samirono ada pilihan sate ayam dan sate kambing dengan bumbu khas Samirono.

5. Awangga homestay

Awangga Homestay bisa kalian jadikan tempat menginap saat kalian jalan-jalan ke Jogja liburan nanti. Homestay yang terletak di komplek Colombo no. 48 ini memiliki 7 kamar tidur yang dilengkapi fasilitas AC, TV berlangganan, shower dengan air panas, dan wi-fi gratis disetiap sudut rumah. Awangga Homestay ini berjarak 20 menit dari bandara Adisucipto dan 15 menit dari Malioboro. Letak Awangga Homestay juga diapit beberapa universitas terkenal di Jogja, salah satunya UGM.  Hanya berjarak 5 menit berkendara dari penginapan, kalian sudah sampai di kampus UGM.

Di kawasan Colombo ini, kalian bisa menemukan banyak sekali distro-distro pakaian anak muda yang tersebar di Jln. Cendrawasih yang masih satu kawasan dengan Colombo. Selain distro, kawasan ini juga dikelilingi oleh banyak tempat makan dan tempat nongkrong yang oke. Kalian dan keluarga bisa menikmatinya dengan tidak perlu jauh-jauh berkendara.

6.    Griya Joglo Homestay

Griya Joglo Homestay berjarak 7 kilometer dari pusat kota Jogja. Terletak di kawasan jalan Kaliurang Km 7,8 yang sangat dekat dengan kampus UGM. Homestay ini memiliki konsep modern antik yang menyuguhkan suasana nyaman dan asri khas Jogja. Griya Joglo mempunyai 5 kamar dengan fasilitas AC, TV, dan shower dengan air panas. Homestay ini juga dilengkapi dengan parkir luas yang mampu menampung kendaraan kalian.

Homestay ini dekat dengan Monumen Jogja Kembali (Monjali), Taman Lampion, Museum Affandi, yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga.

7.  Rumah Kayen Family Homestay

Terletak di Jln. Kaliurang Km 7, membuat Rumah Kayen Homestay ini jadi pilihan menginap yang tepat saat kalian berwisata di Jogja karena terletak di tempat yang strategis dan terjangkau. Hanya 20 menit berkendara dari Bandara Adisucipto dan 3 menit dari kampus UGM. Kamar di Rumah Kayen Homestay ini dilengkapi fasilitas AC, TV, dan wi-fi gratis. Rumah Kayen Homestay ini juga dilengkapi kolam renang yang bisa digunakan tamu.

Tempat menarik yang bisa kalian kunjungi saat menginap di Rumah Kayen Homestay diantaranya Keli Gendol dan Museum Mbah Maridjan di lereng Merapi. Disana kalian bisa melihat keganasan wedhus gembel merapi saat merapi meletus pada tahun 2010 lalu. Jika kalian sudah puas menikmati keasrian Kali Gendol, kalian bisa mencicipi sate kelinci yang memang banyak dijajakan disekitar Kaliurang.

8. Tiga Lima Homestay

Tigalima Homestay merupakan homestay yang terletak di Jln. Gejayan (Affandi) 946, Jogja yang dilengkpai dengan semi outdoor bathroom yang unik dan kolam renang yang bisa memanjakan kalian menikmati menginap di Jogja. Di semua area Tiga Lima Homestay dilengkapi akses gratis wi-fi yang memungkinkan kalian tetap terhubung dengan keluarga dan teman disela-sela menginap dan jalan-jalan ke Jogja.

tigalima homestay

Tempat menarik yang bisa kalian kunjungi dekat Tiga Lima Homestay adalah Museum Affandi, Museum TNI-AD Dharma Wiratama, Museum Sandi, Galeria Mall, dan Ambarrukmo Plaza. Bagi pecinta kuliner bisa menikmati kelezatan gudeg malam Batas Kota yang hanya buka pada malam hari di trotoar perbatasan Kabupaten Sleman dan Kota Jogja. Bosan dengan gudeg? Kalian bisa geser sedikit ke arah jln. Gejayan depan Apotek Ardi Farma untuk mencicipi nasi campur Gejayan yang hanya buka malam hari. Di nasi campur Gejayan ini banyak lauk pauk yang bisa kalian pilih sesuai selera. Siapkan perut untuk menikmati kuliner malam Jogja ini.

9.    Wisma Palagan

Wisma Palagan Guesthouse merupakan guesthouse dekat UGM dengan kamar bersih nyaman layaknya hotel berbintang. Setiap kamar di Wisma Palagan dilengkapi fasilitas  AC, TV berlangganan, shower dengan air panas dan free wi-fi. Wisma Palagan juga mempunyai ruang keluarga yang representatif untuk acara-acara keluarga, tempat parkir luas, dan keamanan 24 jam.  Penginapan ini berlokasi di Jln. Palagan Tentara Pelajar km 8,5 yang dekat dengan Terminal Jombor.

Tempat menarik yang bisa kalian kunjungi seperti Monumen Jogja Kembali yang jika malam tiba berubah menjadi Taman Lampion yang cantik dengan berbagai bentuk lampu yang cantik. Taman Lampion sendiri cocok untuk keluarga menghabiskan malam di Jogja.

10.    Grha Kalyana Homestay

Grha Kalyana Homestay berlokasi di jln. Kaliurang Km 6,5 yang dekat dengan UGM dan beberapa kampus terkenal di Jogja. Penginapan ini berada di lingkungan yang nyaman dan asri, sehingga tamu merasa berada di rumah sendiri yang nyaman. Kamar di Grha Kalyana dilengkapi dengan fasilitas AC, double bed dan sarapan pagi.

Bagi kalian pecinta kuliner bisa menikmati kelezatan ayam tulang lunak Hayam Wuruk. Kalian bisa menc=ikmati kelezatan ayam hingga tulangnya. Untuk menghabiskan sisa malam, kalian bisa nongkrong di Kalimilk Jakal. Tempat nongkrong dengan spesialisasi di susu dan suasana yang nyaman dan pas untuk jadi tempat nongkrong berjam-jam.

sumber tulisan: sepetak.com

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts