jogja mural forum

Jogja Mural Forum Menjadikan Seni Mural Sebagai Sarana Pendidikan Kota

Kadang di jalan-jalan sekitar Jogja kita dengan mudah menemui gambar-gambar di dinding. Tapi gambar-gambar di dinding itu bukan dibuat dengan asal atau coretan vandalisme, melainkan sebuah seni mural. Seni mural merupakan cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Di Jogja ada kelompok seniman mural yang menamakan diri mereka Jogja Mural Forum. Komunitas yang yang didirikan pada tahun 2006 dan merupakan komunitas non-profit yang terdiri dari para pemerhati, seniman maupun para anak muda yang tertarik dengan seni mural. Komunitas Jogja Mural Forum memiliki visi menjadikan seni mural sebagai sarana pendidikan seni kepada publik kota. Sarana pendidikan ini tidak hanya terbatas pada teknik seni visual, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana warga kota bisa menggali permasalahan di sekitarnya dan mengemasnya menjadi sebuah pesan-pesan visual yang menarik.

Komunitas Jogja Mural Forum tidak asal-asalan corat-coret di dinding, mereka memiliki prinsip-prinsip dasar yaitu memposisikan seni ruang publik sebagai cara warga masyarakat mengekspresikan gagasannya. Oleh karena itu seni di ruang publik bukanlah seni yang diciptakan oleh seniman yang berjarak dengan masyarakat, sehingga warga kota asing di ruangnya sendiri. Seni di ruang publik merupakan ikon-ikon di mana setiap warga dapat menemui dirinya sendiri di belantara kotanya.

Program rutin Jogjakarta Mural Forum adalah diskusi mingguan setiap hari Rabu yang membicarakan persoalan seni ruang publik; mengadakan workshop ke kampung dan sekolah; membuat karya-karya mural di ruang-ruang kota; advokasi hak masyarakat untuk berkesenian di ruang publik kota.

Tertarik ingin bergabung?

Ini media sosialnya :

Facebook Komunitas Jogja Mural Forum

Salam yah dari youthyakarta.com

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts