jogja onthel feature

Jogja Onthel Community, Penggemar Sepeda Tua

Jalan-jalan bersepeda memutari kota memang asyik. Apalagi bersepeda dengan keluarga, teman, pasangan, dan lain-lain.

Jadi, bagaimana kalo ingin bersepeda tapi sendirian..?

Tenang..

Di Jogja ada komunitas sepeda tua yang diberi nama Jogja Onthel Community (JOC). Komunitas ini didirikan atas dasar kesukaan anak-anak di Jogja yang senang terhadap sepeda tua atau onthel.

Sekitar tahun 1998, banyak para pengamen, penjual koran, pelajar, mahasiswa, juga pekerja yang gemar naik sepeda onthel.  Mereka kerap berkumpul di alun-alun dekat Malioboro. Hampir setiap malam minggu, alun-alun kota Jogja penuh dengan komunitas termasuk penggemar sepeda onthel ini. karena kerap bersua, akhirnya mereka mendirikan komunitas Jogja Onthel Community (JOC) pada 2001.

Pada saat itu, awal meeting point Jogja Onthel Community di depan Benten Vredenburg atau Gedung Agung tiap malam minggu dengan anggota komunitas 20 orang. Sekarang ada sekitar 600-an orang yang tergabung dan ada sekitar 50-an anggota aktif yang rutin mengadakan pertemuan di hari kamis dan sabtu di alun-alun.

Info Menarik: Komunitas Cemara

Komunitas ini juga mengadakan touring bersama dibeberapa kota. Tahun 2004 lalu, ada 8 anggota Jogja Onthel Community yang ikut touring bersama di kota Bandung. Sekitar tahun 2008 lalu, komunitas ini juga touring ke Jepara. Lalu 2009, mereka lanjut touring ke Surabaya. Tahun 2010, mereka menjadi panitia bakti sosial di Merapi bersama komunitas onthel se-Indonesia.

Tertarik ingin memutari kota dengan sepeda onthel bersama di Jogja?

Ini media sosialnya :

Grup facebook Jogja Onthel Community (JOC)

Salam kring-kring dari youthyakarta.com

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts