jogjanimations

Jogjanimation, Membangun Apresiasi Masyarakat Terhadap Animasi

Animasi milik semua orang.

Mungkin bagi sebagian orang, animasi itu dibuat oleh orang-orang luar negeri yang pinter dan hi-tech. Halaah.. Tapi taukah kalian, kalo di Jogja ini ada sekelompok orang-orang pecinta atau orang-orang yang ingin belajar animasi membentuk sebuah komunitas Jogjanimation.

Komunitas bernama Jogjanimations yang didirikan Hanitianto Joedo, SH, 17 Juli 2010 lalu ini berada di bawah lembaga pengembangan animasi Indonesia The Joedo Center.

Tujuan utama sederhana, yaitu membangun apresiasi masyarakat terhadap animasi, disamping memberikan wadah bagi para pelaku animasi untuk menampilkan karya animasinya.

Joedo, sang perintis Jogjanimation membuat satu kegiatan rutin untuk mempertemukan anggota komunitas tersebut dalam program Jogja Animations Gallery (JAG) yang diadakan secara rutin setiap bulannya. Hingga saat ini Jogjanimations secara rutin menggelar kegiatan kumpul anggota dan masyarakat umum setiap bulan pada hari Sabtu minggu terakhir, di Taman Budaya Yogyakarta.

Setiap bulannya JAG akan membahas berbagai topik yang diinginkan oleh anggota dan masyarakat, seperti animasi dalam periklanan, animasi dalam game, animasi dalan arsitektural, sekolah animasi, dan Studio Animasi di Indonesia.

Info Menarik: Sekolah Mbrosot

hebatnya lagi, beberapa kali JAG juga mengundang narasumber yang terdiri dari para praktisi animasi dan game baik di Yogyakarta, Indonesia, dan luar negeri. Mereka di antaranya Chandra Endroputro (Sutradara dan Animator, Serial Animasi “Petualangan Didi Tikus”, Jakarta), Deddy Syamsuddin (Animator iklan/TVC, Jakarta), Arief Widiyasa (Direktur/Produser Game Agate, Bandung), Javier Secaduras (Storyboard Artist “Rio”, AS), Studio Animasi UrakUrek, Studio Animasi Kasatmata, Studio Animasi Cleo, Studio Animasi Sweatbox, Poliseni (yang punya program D-3 Animasi), ASDV MSD serta pelaku animasi dari Yogyakarta, Solo dan Semarang.

Disamping itu Jogjanimations juga pernah mengisi acara beberapa kegiatan di Yogyakarta seperti Festival Komputer Indonesia, Pameran Pembangunan dalam memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Benteng Vredeburg, hingga, mengikuti kegiatan Seminar AMD Technopreneur di Universitas Gadjah Mada, dan sebagainya.

Tertarik ingin bergabung?

Ini media sosialnya :

Akun Facebook Komunitas Jogjanimation

Akun Twitter Komunitas Jogjanimation

Titip salam yah dari youthyakarta.com

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts