kagem 1

Kagem Jogja, Komunitas Sosial Peduli Pendidikan di Kaki Gunung Merapi

Kagem atau Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi adalah komunitas sosial peduli pendidikan yang berdiri tahun 2012. Ada 50 anak-anak TK hingga SD di sekitar Kagem yang saat ini aktif mengikuti bimbingan belajar tidak berbayar di sana. Di lokasi yang relatif nyaman, mereka didampingi para relawan Kagem yang disebut sebagai punggawa Kagem.  Ada sekitar 20 punggawa aktif yang berlatar pendidikan beragam dari berbagai universitas di Yogya, antara lain UGM, UII, UNY, UMY, UTY, UIN dan AMIKOM.

Cara belajar yang tidak harus di belakang meja, cara mengajar layaknya kakak mendampingi adiknya, belajar sambil bermain menjadi daya tarik tersendiri. Suasana tenang di lokasi dekat persawahan menambah kerasan mereka belajar.

Selasa dan Kamis menjadi hari rutin mereka belajar. Satu kali dalam sebulan (hari minggu ke empat) menjadi arena mereka berkreasi, belajar dan mengasah kreatifitas mereka. Dua kali dalam setahun (setelah terima raport) menjadi kegiatan yang menyenangkan buat mereka peserta bimbingan belajar. Outbond/wisata di tempat rekreasi/camping adalah beberapa kegiatan yang dilakukan bergantian tiap tahunnya. Setiap bulan puasa hadir, pesantren kilat diadakan sebagai wadah penambah iman dan takwa, disamping kegiatan rutin bakti social untuk warga sekitar.

Info Menarik: Komunitas Cemara
Kegiatan rutin Kagem Jogja - Bimbingan belajar - Kegiatan outbound
Kegiatan rutin Kagem Jogja – Bimbingan belajar – Kegiatan outbound

Adanya taman bacaan yang menyediakan buku-buku cerita menjadi pendukung kegiatan bimbingan belajar. Tempat itu menjadi arena membaca yang menyenangkan.

Kagem juga sengaja menyediakan makanan dan jajanan ringan di warung kejujuran yang dimaksudkan agar anak-anak tidak jajan sembarangan sekaligus melatih mereka jujur atas apa yang mereka beli. Cara swalayan menjadi arena mereka belajar tentang uang.

Untuk para punggawa, Kagem menyediakan ruang untuk menambah wawasan dan pengetahuan dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya setiap dua bulan sekali. jagongan Kagem nama kegiatannya.

Kagem berada di lingkungan perumahan dan perkampungan yang masih asri, sejuk, jauh dari polusi perkotaan. Disanalah kami menjadi tempat belajar apa saja dan siapa saja. Janganlah mencoba berfikir untuk berbuat sesuatu diluar nun jauh disana jika disekitarmu berada juga masih ada ruang untuk berbuat sesuatu yang manfaat untuk orang lain.

*Kagem : more than sharing and inspiring*

Instagram           : @Kagemjogja

Twitter                : @_kagem

Email                    : [email protected]

Facebook             : Kagemjogja

Website               : www.kagemjogja.org

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts