Relawan Braille'iant

Komunitas Braille’iant, Komunitas Anak Muda Peduli Difabel Netra

“Kekurangan bukanlah halangan bagi mereka untuk terus belajar dan mencapai cita-cita”

Begitu kira-kira kutipan dari komunitas keren di Jogja yang satu ini. Komunitas Braille’iant, komunitas anak muda peduli difabel netra ini merupakan follow up dari sebuah program bernama Program Kreativitas Mahasiswa kegiatan Kemasyarakatan (PKM-M) yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga April di tahun 2010.

Sejarah

Nama Braille’iant tercetus saat kegiatan kursus bahasa Inggris di Yaketunis, di tahun 2013 setalh melalui proses panjang sejak program kreativitas mahasiswa kegiatan masyarakat (PKM-M) tahun 2010.  Braille’iant berasal dari kata Braille dan Brilliant yang berarti ‘cemerlang’. Nama tersebut memiliki maksud agar Braille’iant dapat membantu teman-teman difabel netra menjadi manusia yang mempunyai masa depan cemerlang. Braille’iant yakin bahwa kekurangan bukanlah halangan bagi mereka untuk terus belajar dan mencapai cita-cita. Hal tersebut jugalah yang teman-teman Braille’iant lihat dan alami selama menjadi relawan di program kursus bahasa Inggris.

Komunitas Braille’iant dicetuskan dan digerakkan oleh Veronica Christamia Juniarmi, Putri Hayu Austina dan Yuhda Wahyu Pradana. Dengan nama Braille’iant , komunitas ini berusaha menjadi wadah bagi anak-anak muda Yogyakarta yang ingin mendapat pengalaman berharga dan inspirasi dari teman-teman difabel netra. Sampai saat ini Relawan yang membantu komunitas ini berjumlah 20 orang lebih dan 15 tutor aktif.

Program

Program Braille’iant saat ini berupa:

  1. Kursus Bahasa Inggris
    a. ESP (English for Specific Purpose for People with Visual Impairment)
    Program ini merupakan program pelatihan Bahasa Inggris yang ditujukan kepada para difabel netra untuk memfasilitasi mereka agar lebih siap dalam memasuki dunia kerja dengan bahasa Inggris.
    b. Kursus Bahasa Inggris di Yaketunis
    Kursus Bahasa Inggris di Yaketunis telah berjalan 2 tahun. Di Yaketunis sendiri, kegiatan kursus bahasa Inggris ini menjadi kegiatan kolaborasi antara Braille’iant dengan Ormake (Organisasi Asrama Yaketunis).
    Kegiatan Bahasa Inggris di Yaketunis ini dilaksanakan setiap selasa, mulai pukul 18.00 – 19.00 setiap minggunya. Menyesuaikan dengan periode kepengurusan Ormake, maka dalam tempo setahun, kegiatan kursus bahasa Inggris ini berlangsung dari bulan Februari sampai November setiap tahunnya.
    Dan saat ini telah ada 5 kelas yang mendapatkan kursus bahasa Inggris dari Braille’iant ini, yaitu (1) kelas SD, (2) kelas MTs kelas 7, (3) kelas MTs kelas 8 dan 9, (4) kelas SMA, (5) kelas kuliah.
  2. Pendampingan belajar
    Pendampingan belajar dilakukan di Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam (Yaketunis) yang berada di Jalan Parangtritis 46 Yogyakarta.  Pendampingan belajar dilakukan setiap malam setelah ibadah sholat Isya menyesuaikan dengan permintaan teman-teman difabel netra dan availability dari relawan. Program ini telah berjalan selama dua tahun.
  3. Biosik atau Bioskop Bisik (launch 16 Agustus 2015) bekerja sama dengan Movie Box.
    Biosik adalah sebuah program untuk menghadirkan alternatif hiburan terutama film bagi teman-teman difabel netra.
    Dalam Bioskop Bisik ini, satu difabel netra akan didampingi oleh relawan. Satu relawan akan mendampingi satu difabel netra. Para relawan akan  membisikkan deskripsi adegan non dialog dan akan sama-sama mendengarkan ketika adegan dialog. Relawan pembisik akan menggambarkan apa yang ia tonton kepada difabel netra sehingga mereka mengerti dan merasakan emosi dalam film.
  1. Audio Book
    Audio Book Massal berasal dari kata Audio Book yang berarti buku bersuara dan Massal yang artinya bersama-sama dalam jumlah yang banyak. Artinya, program ini akan melaksanakan pembuatan buku bersuara dengan cara merekam isinya, secara bersama-sama dengan jumlah perekam yang banyak. Program ini akan dilaksanakan dan diakhiri serentak meskipun tidak di tempat yang sama. Inti dari program ini adalah membuat sebanyak-banyaknya rekaman buku agar dapat dinikmati atau didengar oleh teman-teman difabel netra di mana saja.

Informasi

Informasi lebih lanjut mengenai komunitas Braille’iant Jogja bisa hubungi:

085726293778 (Yuhda)

Website           : Braille-jogja.org

Facebook         : Braille’iant Jogja

Twitter             : @BrailleJogja

Instagram        : @BrailleJogja

 

 

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts