jogja menyala feature

Komunitas Jogja Menyala Menginspirasi Kaum Muda terhadap Pendidikan

Dari banyak komunitas pendidikan di Jogja, ada satu komunitas non-profit yang menyebarkan buku kepada anak-anak yang membutuhkan hingga ke pelosok negeri.

Komunitas ini adalah Jogja Menyala. Sebuah komunitas dibawah Indonesia Mengajar.

Saat kami sebagai perantau merenungi sebuah pesan tersirat dari apa yang bisa kami kembalikan untuk tempat asal kami dilahirkan, kami memulainya dengan hal kecil, yaitu mulai mengambil sikap dan mulai menyalakan lilin bagi mereka disana  yang sedang gelap gulita..

Komunitas Jogja Menyala berdiri pada desember 2011 dan memiliki latar belakang ingin mulai menyalakan lilin untuk mereka yang gelap gulita. Lilin disini bukan sekedar lilin yang cepat habis ditelan malam, namun lilin yang kami buat tidak akan pernah habis, bahkan semakin menyala, dan ketahuilah bahwa  lilin tersebut ialah kumpulan buku-buku.

Kegiatan utama dari komunitas Jogja Menyala adalah mengumpulkan buku-buku dari sumbangan-sumbangan yang sudah tidak digunakan dan masih layak pakai, berupa buku-buku mata pelajaran, buku sastra, buku umum, dan lain-lain untuk dikirimkan ke penempatan daerah Komunitas Indonesia Mengajar di pelosok-pelosok negeri. Komunitas ini pernah mendistribusikan buku ke Aceh Utara, Paser Kalimantan Timur, Musi Banyuasin, Bima Nusa Tenggara Barat, Pulau Bawean, Lebak Banten, serta Tulang Bawang Lampung. Kemudian buku-buku tersebut dijadikan Perpustakaan di daerah-daerah tersebut.

Info Menarik: Soto Sulung Stasiun Tugu

Selain kegiatan utama Komunitas Jogja Menyala mengumpulkan buku-buku, Komunitas Jogja Menyala juga mengikuti kegiatan-kegiatan sosial lain, diantaranya bakti sosial ke Panti Asuhan Cacat Ganda Sayap Ibu Yogyakarta, diskusi bersama alumni Komunitas Indonesia Mengajar, turut serta dalam kegiatan roadshow komunitas Indonesia Mengajar, Forum Jogja Peduli dan Kelas Inspirasi, kunjungan ke Perpustakaan Masyarakat Maharani Kota Gede, dan beberapa kali tampil di media masa seperti Jawa Pos, Adi TV, MQ FM, dan RRI.

Anggota aktif komunitas Jogja Menyala sekitar 100 orang. Kemudian Visi utama komunitas Jogja Menyala adalah Mengajak dan menginspirasi kaum-kaum muda untuk membantu pendidikan dan menyumbangkan buku-bukunya kepada mereka yang membutuhkan.

Ingin bergabung dengan komunitas Jogja Menyala, ini media sosialnya :

Akun Facebook Komunitas Jogja Menyala

Grup Facebook Komunitas Jogja Menyala

Twitter Komunitas Jogja Menyala

Salam buat kakak-kakak Komunitas Jogja Menyala yah, dari youthyakarta.com

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts