komunitas kampung hijau gambiran

Komunitas Kampung Hijau Gambiran, Bencana Sebagai Pelajaran

Kalau terjadi bencana banjir akibat sampah yang menumpuk, salah siapa?

Selintas Komunitas Kampung Hijau Gambiran seperti kampung-kampung lain pada umumnya, komunitas Kampung Gambiran RW 08 yang warganya lebih 85% pendatang tidak begitu saja tumbuh kesadaran dan kebersamaannya..
RW 08 Gambiran tergolong muda, terdiri dari 4 RT (sekarang 5 RT) yaitu RT 30 Logathuk (menjadi RT 30 & RT 47) sebagai RT tertua tumbuh sekitar tahun 1970, RT 31 Pemda berpenghuni tahun 1978, RT 32 Sumendung mulai tahun 1984 dan RT 45 Gambiran Baru berpenghuni mulai tahun 1996. Dari data tahun 2007 jumlah KK 831 dengan 789 juwa. Lansia 131, usia produktif 352, usia sekolah 230, dan sisanya adalah anaka-anak. Penduduknya heterogen, strata sosial menengah kebawah. Wilayah dibatasi jalan raya dan hampir separuh dikelilingi Sungai Gajahwong. Wilayah RT 30, RT 47 dan RT 45 sebelah timur dibatasi Sungai Gajahwong yang rentan bencana.
Komunitas “Kampung Hijau Gambiran” merupakan perwujudan kesadaran bersama masyarakat RW 08 Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta yang disepakati tanggal 01 April 2006. Masyarakat di Gambiran ini sangat berkomitmen melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan melakukan Pengelolaan Sampah Mandiri, Sanitasi IPAL, Penghijauan, Pembuatan Taman, dan tidak ketinggalan mengelola Sungai Gajahwong yang berbatasan dengan kampung Gambiran tersebut. Tepatnya disebelah timur Kampung Hijau Gambiran.
Komunitas Kampung Hijau Gambiran ini membuat taman yang cukup luas untuk tempat bermain, khususnya untuk anak-anak. Disini ada beberapa fasilitas permainan anak-anak yang dapat dipergunakan. Selain itu konsep tamannya pun cukup membuat anak-anak menjadi senang saat berlibur kesini. Disini juga terdapat fasilitas kamar mandi, serta beberapa tempat sampah yang tersedia untuk tempat kita membuang sampah.

Ada juga yang cukup menarik bagi para pesepeda. Di Gambiran ini disediakan oleh Komunitas Kampung Hijau Gambiran tempat parkir sepeda yang cukup banyak. Jadi tidak usah khawatir mau parkir dimana sepedanya. Tapi jangan lupa kalau diparkir tetap digembok/dikunci untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Bagaimana? Tertarik untuk bermain di Gambiran? Mungkin ini adalah salah satu tempat alternatif untuk bermain bagi keluarga kita. Khususnya bagi keluarga yang mempunyai anak kecil dan tidak banyak waktu yang luang untuk bermain keluar kota Yogyakarta. Dimanapun kita berlibur, kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan tersebut.

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts