piknik museum

Komunitas Piknik Museum Jogja, Berpiknik dan Dapat Ilmu

Tempat yang penuh dengan sejarah dan ilmu adalah museum. Disana kamu akan banyak menemui asal mula kisah-kisah bangunan dan kejadian-kejadian penting yang mengubah bangsa serta disana juga ada pelajaran-pelajaran yang dapat diambil mengenai hewan-hewan dan barang-barang bersejarah.

Tapi sayangnya, museum sekarang mulai sepi. Paling tidak, hanya dikunjungi anak-anak TK atau PAUD untuk study tour.

Dimana anak muda sekarang?

Apakah anak muda tidak ingin mendapat cerita atau kisah inspiratif yang dapat mengubah sebuah peradaban bangsa ini?

Apakah anak muda kekinian sudah asyik dengan gadget mereka dan tidak suka bagaimana negara ini berhasil bertahan dari ancaman penjajah?

Harapan itu masih ada. Peduli akan hal tersebut, Tony Oscar membentuk komunitas Piknik Museum pada Desember 2013. Komunitas Piknik Museum mengajak siapa saja yang ingin mengunjungi museum di Yogyakarta bersama-sama, lengkap dengan berbagai program seru yang ditawarkan. Dan Kawasan wisata di Yogyakarta terbilang cukup banyak. Hampir semua wisata pantai, gua, dan alam banyak dikunjungi wisatawan.

Meskipun masih terbilang baru, Piknik Museum telah mendapatkan respons positif dari masyarakat Yogyakarta. Dengan info yang diberikan melalui media sosial Twitter dengan tagar #Ngobrol Museum, komunitas ini akan mengumumkan tujuan museum dan kapan serta berbagai pengumuman lainnya. Jika calon peserta tertarik, tinggal menghubungi nomor kontak Piknik Museum atau akun Twitter komunitas ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Setiap satu bulan sekali, komunitas ini rutin mengunjungi museum. Beberapa museum yang telah mereka kunjungi, di antaranya Museum Sandi, Museum Kolong Tangga, dan lain-lainnya. Dan Selama berkunjung ke museum, biasanya mereka mengobrol seputar sejarah museum yang mereka kunjungi. Selain itu, ada tambahan gimmick kuis agar terjalin komunikasi dua arah sehingga peserta juga paham dengan sejarah yang telah mereka pelajari.

Setelah kunjungan museum berakhir, setiap peserta biasanya akan diminta kesan, saran, maupun kritikan mengenai museum yang dikunjungi. Dengan demikian, pihak museum tahu hal-hal yang perlu diperbaiki dan yang perlu ditingkatkan.

Tertarik bergabung?

Pantengin terus Time Line-nya twitter Komunitas Piknik Museum

Salam yah dari youthyakarta.com

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts