IMG_1565

Mengasah Kepemimpinan melalui AIESEC UGM Jogja

Komunitas di Jogja memang tidak hanya dari luar kampus. Banyak juga komunitas yang berasal dari kampus-kampus di Jogja. Memang awalnya mereka adalah UKM tapi banyak juga yang berasal dari inisiatif mahasiswa yang se-visi untuk mendirikan komunitas.

Dari sekian banyak komunitas yang berasal dari UKM di UGM tersempil nama AIESEC yang dikenal sebagai UKM yang hobi nge-dance dan nongkrong bareng bule. Siapa yang tidak tahu AIESEC? Komunitas ini tersebar hampir diseluruh dunia. AIESEC merupakan organisasi kepemudaan yang tersebar diseluruh dunia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kepemimpinan anak muda yang peduli isu-isu global. AIESEC hingga saat ini ada di 126 negara termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, AIESEC ada diberbagai universitas dan kota seperti; AIESEC Bandung, AIESEC Andalas, AIESEC Binus Jakarta, AIESEC Surabaya. Dan kalau di Jogja sendiri ada AIESEC UPNVY dan AIESEC UGM.

PROGRAM
AIESEC UGM pada bulan Juli mengadakan program EntreVolution, dimana EP atau Exchange Perticipant yang datang ke Yogyakarta melakukan proyek bertema entrepreneur. Dibualn Juli-September ada proyek sosial lain yang dikerjakan oleh EP dan member AIESEC UGM yaitu Healvolution, program sosial bertema kesehatan dimana EP mengajar dibeberapa SD di Kulon Progo dan mengadakan seminar kesehatan di Naggulan, Kulon Progo.
Selain mengadakan program dimana EP mengerjakan projek sosial di Yogyakarta, AIESEC UGM juga mengirimkan delegasi EP untuk mengerjakan projek sosial di luar negeri melalui program Global Community Development Program atau Global Citizen (Exchange). Di bulan Oktober AIESEC UGM juga menawarkan program magang internasional yaitu Global Talent di beberapa negara seperti, China, Malaysia, Filipina, dll.

Info Menarik: Coin A Chance Jogja

IMG_1566

Program lain yang dilaksanakan yaitu Global Leader merupakan salah satu bagian dari TLP atau Team Leader Program untuk merekrut member baru AIESEC UGM. Karena AIESEC sudah banyak di beberapa negara dan cangkupannya global, otomatis setiap member akan mengasah kemampuan berbahasa inggris mereka.

Selain program yang disebutkan diatas, masih banyak program yang ditawarkan AIESEC UGM, contohnya AIESEC UGM akan melaksanakan program Youth Speak pada tanggal 20 November 2015.  Hostfamily dan Buddy untuk para EP yang dateng di bulan Januari-Maret.  Program yang tadi disebutkan diharapkan bisa memberikan dampak positif di masyarakat.

Banyak  manfaat yang bisa didapat dari kegiatan dan program yang ditawarkan AIESEC UGM, mulai dari mengasah kemampuan bahasa inggris, bisa dapat network dan temen-temen baru didalam dan luar negeri, belajar kebudayaan asing, mengasah diri jadi orang yang profesional, dan lain-lain.

KONTAK
Office: Gelanggang Mahasiswa UGM, Jln. Pancasila no. 1 Bulaksumur, Jogja
Twitter: @aiesec_ugm
Facebook: AIESECUGMOfficial
Instagram: @aiesecugm
Line: @aiesec_ugm
Phone: 0878 3266 3336 Raro

 

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts