volunteer di komunitas jogja

Menjadi Volunteer di Komunitas ini? Siapa Takut

Menjadi volunteer akan menjadikan kamu lebih peka terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat

Kota Jogja memang terkenal sebagai kota pelajar. Karena memang banyak pelajar dan mahasiswa yang bermukim di Jogja menjadikan kota Jogja ini dinamis dan enerjik sehingga memunculkan banyak komunitas-komunitas yang berkembang di kota ini.

Banyaknya komunitas di Jogja ternyata juga membuat sumringah para mahasiswa kece. Mereka bisa berkontribusi ke masyarakat dengan menjadi anggota atau volunteer di beberapa komunitas tersebut. Dan memang banyak komunitas yang dengan senang hati menerima para volunteer tersebut untuk belajar dan berkembang bersama.

Kalian ingin menjadi volunteer? Kami memilihkan beberapa komunitas yang mungkin cocok untuk kalian berproses :

1. Komunitas Coin A Chance
Komunitas yang berawal gerakannya dari komunitas yang sama di Jakarta tahun 2008 ini mulai melakukan kegiatan di Jogja awal tahun 2009.
Komunitas ini punya kegiatan rutin namanya “collecting coin”. Koin-koin yang terkumpul akan digunakan oleh adik asuh untuk melanjutkan sekolah.
yogyakarta coins a chance feature

 

2. Komunitas Jogja Menyala
Kegiatan utama dari komunitas Jogja Menyala adalah mengumpulkan buku-buku dari sumbangan-sumbangan yang sudah tidak digunakan dan masih layak pakai, berupa buku-buku mata pelajaran, buku sastra, buku umum, dan lain-lain untuk dikirimkan ke penempatan daerah Komunitas Indonesia Mengajar di pelosok-pelosok negeri. Komunitas ini pernah mendistribusikan buku ke Aceh Utara, Paser Kalimantan Timur, Musi Banyuasin, Bima Nusa Tenggara Barat, Pulau Bawean, Lebak Banten, serta Tulang Bawang Lampung.

jogja menyala feature

 

3. AIESEC UGM
Kalau komunitas ini memang khusus untuk mahasiswa UGM ya. Tapi memang komunitas ini banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan dan program yang ditawarkan AIESEC UGM, mulai dari mengasah kemampuan bahasa inggris, bisa dapat network dan temen-temen baru didalam dan luar negeri, belajar kebudayaan asing, mengasah diri jadi orang yang profesional, dan lain-lain.
HEAL 3

4. Komunitas KAGEM Jogja
Kalian yang peduli masalah pendidikan dan bercita-cita menjadi guru bisa memilih untuk menjadi volunteer di komunitas ini. Kagem atau Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi adalah komunitas sosial peduli pendidikan yang berdiri tahun 2012. Ada 50 anak-anak TK hingga SD di sekitar Kagem yang saat ini aktif mengikuti bimbingan belajar tidak berbayar di sana. Di lokasi yang relatif nyaman, mereka didampingi para relawan atau volunteer Kagem yang disebut sebagai punggawa Kagem.  Ada sekitar 20 punggawa aktif yang berlatar pendidikan beragam dari berbagai universitas di Yogya, antara lain UGM, UII, UNY, UMY, UTY, UIN dan AMIKOM.
kagem 1

 

5.Komunitas Braille’iant Jogja
Komunitas Braille’iant, komunitas anak muda peduli difabel netra ini merupakan follow up dari sebuah program bernama Program Kreativitas Mahasiswa kegiatan Kemasyarakatan (PKM-M) yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga April di tahun 2010.
iklan-fb-youthyakarta 2

 

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts