SONY DSC

Mulya Karya, Komik Untuk Semua!

Suka baca komik?

Atau suka gambar karakter 2 dimensi kaya di komik?

Ada yang lucu dari komik yang ke-indonesia-an banget yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Ketika membaca komik tersebut, tertulis pembuatnya adalah sebuah komunitas dengan nama Mulya Karya.

Komunitas Mulya Karya merupakan sebuah komunitas komik indie yang mempunyai slogan “komik, seni dan propaganda”. Untuk sebuah komunitas mereka terbilang cukup lama menghiasi dunia komik indie. Komunitas ini lahir pada tahun 2007 lalu oleh inisiatif beberapa orang yang memang ingin menampung karya dari perupa komik untuk dipublikasikan kepada orang banyak.

Tujuan dibentuknya Mulyakarya adalah untuk memfasilitasi Sandy dan teman-temannya yang gemar membuat komik dan didalam komunitas ini benar-benar tidak berorientasi pada keuntungan kalaupun ada pemasukan akan dikembalikan pada pemilik karya dan kelangsungan komunitas ini. Pada intinya Mulyakarya hanya membantu mendata dan mempromosikan komik-komik tersebut sekaligus membantu memanajemen komik indie agar bisa dinikmati masyarakat. Maka seringkali media publikasinyapun tidak semewah komik yang lainnya, dengan bermodalkan percetakan murah atau hanya sekedar fotokopian mereka berani bersaing di dunia komik, karena menurut mereka sebuah karya tidak harus terhalang oleh biaya yang penting kreatifitas dapat terus berkembang. “Sebenernya bisa saja teman-teman itu survive sendiri, tanpa perlu bergabung di Mulyakarya”. kata Sandy, menerangkan. Untuk anggota, Mulyakarya mempunyai sepuluh anggota antara lain Nurify, Iwank, Moki, Sulung, Danang Catur, Janu Satmoko, Ign Ade, Yudha Sandy, Abrams Gobrams B., dan Fida Irawanto. Menariknya mereka punya kekhasan sendiri dalam memvisualisasikan karyanya masing-masing.

Melalui komik yang hanya diproduksi lewat fotokopi, Mulyakarya ingin membawa pesan hingga kalangan yang paling tidak mampu sekalipun.

 

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts