gelar budaya

Ngudi Tresno di Gelar Budaya Jawa Tengah

Youthyakarta – Kebudayaan adalah suatu hal yang tidak bisa dinafikan keberadaannya, mengingat sejarah leluhur bangsa Indonesia khususnya wilayah Jawa Tengah banyak meninggalkan warisan-warisan sejarah salah satunya adalah seni tari yang pada dasarnya mencitrakan tentang kehidupan masyarakatnya.

Atas kesadaran terhadap kebudayaan, Ikatan Keluarga Mahasiswa Jawa Tengah (IKPM JATENG) di Yogyakarta berinisiatif untuk melaksanakan gelar budaya dengan tema “Ngudi Tresno, Ngrasupake Rasa, Ing Bebudayan Jawa Tengah”. Acara tersebut akan dilaksanakan secara berangkai dari tanggal 20 sampai 21 April 2017, yang bertempat di Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 Kota Yogyakarta. Dalam acara tersebut akan diisi oleh penampilan seni tari dan seputar tradisi budaya yang berasal dari setiap Organisasi Mahasiswa Daerah (ormada) kabupaten yang ada di Jawa Tengah. kurang lebih terdapat 20 peserta tari yang siap tampil dalamacara ini.

gelar budaya ikpm jateng
Gelar Budaya Jawa Tengah sumber: bloranews

Tujuan dari acara gelar budaya tersebut adalah ingin mengenalkan dan mengangkat budaya yang ada di Jawa Tengah kepada mahasiswa dan masyarakat. Alasan penyenggaraan di Yogyakarta karena panitia IKPM berdomisili di Yogyakarta, dan Yogyakarta merupakan kota pelajar dengan keistimewaan budaya dan pariwisata yang terkenal di Indonesia dan terdapat banyak mahasiswa berasal dari luar jawa.

Kawasan Km 0 serangan umum 1 maret juga lokasi yang sangat strategis karena deket dengan jalan Malioboro. Jadi siapapun bisa menikmati sajian yang akan ditampilkan oleh IKPM Jateng.

Kontak Person:
Amirudin (Ketua IKPM JATENG)
085779869858

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts