komunitas federal jogja 1

Nostalgia Bersama Komunitas Federal Jogja

Dulu Jogja dikenal sebagai kota sepeda. Karena memang dulu di Jogja banyak lalu lalang anak sekolah, kuliah, sampai bekerja dengan memakai sepeda dengan berbagai merk. Salah satu yang paling terkenal adalah Federal.

Sepeda Federal di produksi di Indonesia oleh PT Federal Cycle Mustika, sebuah anak usaha Astra Group. Tahun 1989 menjadi tahun kejayaan sepeda merek Federal. Namun, masa kejayaan sepeda Federal berakhir setelah perusahaan tersebut terpaksa menghentikan produksi dan menutup usahanya.

Kini, para pemilik sepeda federal kembali unjuk gigi dengan membentuk komunitas. Salah satunya adalah Federal Djogja yang berbasis di Yogyakarta. Komunitas ini tak hanya bersepeda, tetapi juga melestarikan dan memperkenalkan kembali sepeda Federal kepada masyarakat. Meski bergenre Federal, komunitas ini tidak membatasi jenis sepeda bagi siapa saja yang ingin bergabung. Komunitas Fedjo biasa berkumpul di Pakem setiap hari Minggu, dan Rabu malam di Tugu Jogja.

sumber: bagus goowes
sumber: bagus goowes

Menurut anggota komunitas Fedjo, kelebihan sepeda Federal, antara lain mudah di cari spare part-nya, dapat digunakan untuk commuting, bahkan bisa untuk sedikit dipakai bersepeda XC atau off road. Namun, sepeda ini paling banyak digunakan adalah sebagai sepeda touring. Saat ini, jumlah anggota yang tercatat pada komunitas Fedjo ada sekitar 50 orang anggota mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, PNS, dll.

Salah satunya untuk mengenang masa kecil karena kebanyakan anggota komunitas ini menggunakan sepeda Federal sejak kanak-kanak.

Komunitas Federal Jogja sendiri hanya memiliki satu agenda tetap setiap bulan, yakni Tunjukkan Federalmu. Acara ini biasa dilaksanakan saat minggu ketiga. Selain itu terdapat agenda lain namun sifatnya mendadak, seperti bersepeda bersama dan touring ke suatu tempat. Ada pula agenda tiap dua tahun yang dilaksanakan bersama seluruh komunitas sepeda Federal se-Indonesia, yakni Jambore Nasional.

 

 

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts