headerobr

OBR Jogja, Solidaritas Melawan Eksploitasi Perempuan

Hallo Risers!

Setiap tanggal 14 Februari, One Billion Rising – bersama ratusan negara di seluruh dunia – bangkit dan bersolidaritas, untuk menunjukkan bahwa masyarakat lokal dan dunia melawan impunitas yang merajalela dan ketidakadilan. Begitu juga di JOGJA, 2017 menjadi tahun kelima ONE BILLION RISING diselenggarakan. Kita bangkit melalui tarian untuk mengekspresikan sukacita dan merayakan fakta bahwa kita BELUM dikalahkan oleh kekerasan.

obr jogja

Fakta situasi perempuan di Indonesia memanggil solidaritas untuk bangkit bersama. 1 dari 3 wanita di dunia dipukuli atau diperkosa selama hidupnya. Hal itu setara dengan SATU MILIAR PEREMPUAN DAN ANAK PEREMPUAN.

Kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia sendiri pun tidak bergeser dari fenomena gunung es; dari buruh migran, disabilitas, pekerja rumah tangga, pekerja seks, kekerasan seksual yang dialami perempuan di Papua, kekerasan yang bersumber dari konflik agraria, serangan dan kekerasan seksual yang dialami kelompok LGBT, dan kekerasan yang bersumber dari pemiskinan terus terjadi.

Begitu pula dengan kasus kekerasan di DIY yang turut mengkhawatirkan. Badan Pusat Statistik menyebutkan, sebanyak 202 kekerasan seksual anak terjadi di DIY pada 2015. Kasus kekerasan seksual pada anak merupakan jenis kekerasan tertinggi yang ditangani Forum Perlindungan Korban Kekerasan di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di DIY tahun 2015.

Situasi ini menempatkan perempuan dan anak pada situasi rentan mengalami eksploitasi. Karenanya, OBR Revolution Jogja tahun ini mengundang Risers untuk saling terhubung dalam “Solidaritas Melawan Eksploitasi Perempuan”.

Ayo bergabung dengan seruan global: RISE! DISRUPT! CONNECT!

Kontak person: 0812 902 10072
IG : @obr_jogja

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts