logo_pisgen

Peace Generation Jogja

logo_pisgen

Satu lagi nih komunitas anak muda di Yogyakarta atau Jogja ini. Namanya Peace Generation Jogja. Yap sesuai dengan namanya komunitas ini bergerak di isu perdamaian dan resolusi konflik dikalangan anak muda Yogyakarta. Sejarahnya, Pada 27 Mei-1 Juni 2002, di Pondok Tingal, Magelang, Komunitas Cinta Damai Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP) UGM ngadain Youth Camp for Democracy and Peace (YCDP). Dalam acara tersebut, baik peserta maupun panitia menyadari akan adanya kebutuhan ruang bagi pemuda untuk mengatualisasikan diri, ide-ide, dan kecintaannya akan perdamaian. Maka mereka pun sepakat untuk membentuk komunitas cinta damai bernama Peace Generation, saat itu beranggotakan alumni panitia dan peserta YCDP.PISGEN_INSTA

CARA BERGABUNG!

komunitas Peace Generation biasa kumpul di Warung kopi Mato, Selokan Mataram dan di Eager Beaver learning center, Cepit Baru. Kalian kalau pengen gabung, curhat, atau tanya-tanya bisa datang kok ke ritual ngobrol Peace generation. atau bisa hubungi Pisgen di :
Whatsapp/Phone: 085 691 502 961
Twitter: @PisgenJogja
FB: Peace Generation Jogja

sampai sekarang komunitas Pisgen ini masih aktif lho. untuk keanggotaan Pisgen bersifat terbuka pada semua anak muda. artinya semua orang yang peduli pengen berkontribusi terhadap perdamaian bisa ikut komunitas ini kumpul. Kegiatan Pisgen yang rutin antara lain:

– Pisspot ; Pisspot singkatan dari Peace on The Spot yakni teman-teman Pisgen kampanye perdamaian lewat cara-cara kreatif langsung ke jantung kegiatan anak-anak muda Yogyakarta/ Jogja. disitu teman-teman Pisgen berbagi stiker kreatif serta memakai sandwichboard. unik kan.

– Rainbow for Peace ; acara ini setahun sekali setiap tanggal 21 september untuk peringati hari perdamaian internasional gaes.

– Peace goes to school ; kampanye anti kekerasan ke sekolah-sekolah yang ada di Jogja. buat teman-teman SMA terutama untuk saling jaga perdamaian di Yogyakarta yang katanya adalah City of tolerance sih gaes :)

– Ngobral Ngobrol ; biasanya nongkrong di warung kopi bahas topik topik terkini. ajang srawung juga.

– banyak lagi deh gaes

TEMPAT NONGKRONG!

Warung Kopi Mato, Selokan mataram

 

Beberapa nilai yang Peace generation Jogja yang perlu kalian tau nih gaes:

  1. Youth, dimaknai sebagai spirit personil Peace Generation yang aktif, kreatif, dan dinamis sesuai dengan jiwa muda.
  2. Pluralism, bahwa pada dasarnya manusia diciptakan dengan latar belakang berbeda-beda, baik sifat, kondisi fisik, psikis, maupun faktor lainnya. Perbedaan ini menandakan bahwa tiap individu mempunyai potensi unik yang berbeda pula. Bagi peace generation, perbedaan ini tidak sekedar untuk diketahui (to be revealed) saja, tetapi perlu ada proses penghargaan (respect), dan pemahaman (understanding) sehingga perbedaan menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari.
  3. Active Non-Violence, bahwa dalam setiap aktivitas maupun respon terhadap konflik yang terjadi di masyarakat, Peace Generation berusaha untuk menggunakan alternatif-alternatif penyelesaian masalah dengan cara nir-kekerasan.
  4. Participation, berlandaskan pada kesadaran bahwa Peace Generation adalah bagian dari masyarakat sehingga berbagai aktivitas yang dilakukannya merupakan wujud partisipasi dan apresiasi kepada lingkungannya. Participation juga menjadi acuan bahwa Peace Generation merupakan wahana partisipasi dan aktualisasi pemuda dalam rangka memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Berat banget bahasanya haha..

oke segitu dulu ya gaes, tunggu ulasan komunitas menarik lain di Yogyakarta ~~~~

 

About the author

Mohammad Rikza

View all posts