taufik hidayat

Perubahan Sistem Skor badminton

DID YOU KNOW?

Bulu tangkis pernah beberapa kali melakukan perubahan sistem penghitungan skor. Sejak pertama kali dipertandingkan di level internasional pada tahun 1889, cabang olah raga ini telah tiga kali mengalami bongkar pasang sistem skor.

berikut nih gaes ulasannya:

Sistem Klasik

Berlaku: 1873-2002, 2002-2006

Poin: 15 untuk cowok, 11 untuk cewek

Keterangan:

sistem klasik menggunakan aturan “pindah bola”. durasi pertandingan cenderung panjang. khusus nomor ganda, durasi lebih panjang karena aturan “orang kedua”. tau kan?

 

Sistem 5×7

Berlaku: Januari-Agustus 2002

Poin: 7 Set: 5

Keterangan:

sistem 5×7 tak lagi mengenal aturan “pindah bola” dan “orang kedua” gaes. durasi pertandingan menjadi lebih pendek. Namun, sistem ini cuma bertahan dalam hitungan bulan karena BWF (FIFAnya badminton gitu) mengembalikan perhitungan skor ke sistem klasik pada Agustus 2002

 

Sistem Reli

Berlaku: 2006-Sekarang

Poin: 21 Set: 3

Keterangan:

sistem reli tak memilik aturan “pindah bola” dan “orang kedua” juga gaes. sistem ini masih dipakai oleh seluruh kejuaraan internasional tingkat pertama (super series premier) dibawah naungan BWF

 

Sistem Reli 5×11

Poin: 11 Set: 5

Keterangan:

sistem ini belum diresmikan karena masih sedang dalam tahap diuji coba selama empat bulan (Agustus-November 2014) di kejuaraan internasional tingkat ketiga dan keempat (grand prix gold dan grand prix)

 

About the author

Mohammad Rikza

View all posts