Save Street Child Jogja

Save Street Child Jogja

Save Street Child Jogja itu anak dari komunitas Save Street Child pusat Jakarta gaes. Komunitas ini bergerak untuk peduli terhadap permasalahan anak jalanan di Indonesia. kegiatannya udah banyak banget gaes, seputaran kampanye untuk peduli terhadap anak-anak jalanan gitu. Save Street Child Jogja juga berusaha untuk memanusiakan mereka melalui berbagai kegiatan mulai dari seni sampai pendidikan. Fokus kegiatan Save Street Child sendiri lebih pada anak-anak jalanan dan anak-anak marjinal (misal, anak dari kampung nelayan kumuh, kampung pemulung, dst) juga advokasi (terutama pendidikan dan kesehatan) anak-anak dan ibunya. Karena, anak-anak dan ibunya adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan gitu gaes.

Tujuan dibentuknya komunitas Save Street Child ini bukan lantas seperti target pemerintah “Bebas Anak Jalanan” tapi lebih kearah humanisme yang seharusnya mereka dapatkan. Kualitas lebih ditekankan, dan, pergerakan kita lebih kearah konsep mikro ketimbang makro. Sehingga, fokusnya adalah per individu, karena manusia itu unik dan memiliki kebutuhan berbeda gaes.

Meskipun kecil dan mungkin tidak berdampak besar, tapi, konsistensi dan kegiatan yang memiliki fokus lebih jelas pengukurannya dan lebih menitikberatkan pada pengembangan karakter baik dari anak-anak itu sendiri, maupun anggota komunitas ini. Proses belajar itu selalu dua arah.
Selain itu, Save Street Child Jogja dapat menjadi laboratorium pengabdian masyarakat anak-anak muda yang sadar dan peduli, serta mau beraksi untuk perubahan kecil yang mungkin akan berdampak besar.

Kalo mau gabung bisa langsung tanya-tanya ke:

rasyid 087712194017

Sering kumpul di seputaran pohon taman Kehutanan UGM Yogyakarta setiap hari Minggu pukul 10.00-selesai

Social media:
Facebook ( Save Street Child Jogja )
Twitter ( @Sschildjogja )
Tumblr ( Sschildjogja.tumblr.com

About the author

Mohammad Rikza

View all posts