sekolah mbrosot feature

Sekolah Mbrosot

Sekolah yang rindang, hijau, banyak buku, bebas berpakaian, dan gratis ini berada di Kabupaten Kulon Progo. Sebuah sekolah yang diberi nama ‘Sekolah Mbrosot’. Sekolah yang didirikan oleh Hersri Setiawan ini bermula dari banyaknya koleksi buku yang dimilikinya. Beliau ingin buku-buku tersebut dikelola untuk dipinjam dan dibaca oleh banyak orang. Sedangkan nama Mbrosot diambil dari daerah tempat ini sekolah didirikan, yaitu desa mbrosot.

Sebuah sekolah yang berbicara tentang nilai, gagasan dan kerja, dinamis, serta dikonsep untuk mengatasi tantangan jaman.

Sekolah ini tidak menganut kurikulum dan murid yang formal dan ketat, tetapi lebih kepada sekolah yang fleksibel-kontekstual, interdisiplin, tepat guna dan lebih ditujukan sebagai ruang perjumpaan berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, serta sekolah budaya.

Membangun emosi anak merupakan pendekatan yang dilakukan oleh kakak-kakak pengelola Sekolah Brosot ini. Keterikatan emosi akan membangun suatu interaksi yang memudahkan berkomunikasi, sehingga pencapaian hasil akan lebih maksimal.

Ada beberapa kelas yang diadakan Sekolah Mbrosot ini, antara lain : teater, hasta karya, bahasa inggris, menulis, dan komik. Secara periodik, dua kali dalam setahun diadakan pementasan yang bertujuan untuk melatih mental anak-anak yang ada di sekolah ini.

Kedepan, mereka berkeinginan tempat ini menjadi pusat informasi yang terkait dengan sejarah.

Jika ingin bergabung atau menyumbang, silahkan kontak media sosialnya :

Facebook Sekolah Mbrosot

Situs Sekolah Mbrosot

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts