teater garasi

Teater Garasi, Komunitas Teater dan Pencipta Karya Eksperimental

Suka teater dan karya-karya ekperimental untuk pertunjukan?

Ada sebuah komunitas yang bergerak di bidang tersebut, dengan nama Teater Garasi. Kesenian Teater Garasi adalah kumpulan seniman lintas disiplin dan Laboratorium Penciptaan Teater yang berdomisili di Yogyakarta. Sejak awal berdirinya, Teater Garasi telah mengambil posisi di lanskap seni pertunjukan eksperimental. Di tingkatan bentuk, karya-karya Teater Garasi kerap mendasarkan diri pada kajian atas tradisi-tradisi seni pertunjukan yang telah ada dan menggabungkannya dengan sensibilitas dan media kontemporer.

Kelompok ini semula adalah suatu lembaga mahasiswa di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada yang didirikan oleh Yudi Ahmad Tajudin, Kusworo Bayu Aji, dan Puthut Yulianto. Pada rentang 1993-1998, kelompok ini beroperasi sebagai teater kampus. Sejak 1999, Teater Garasi mengubah statusnya menjadi teater independen nirlaba. Pada tahun 2001, mereka mengambil bentuk Laboratorium Penciptaan Teater, untuk berkonsetrasi mengembangkan disiplin penciptaan pertunjukan dari berbagai sumber inspirasi, baik dari khasanah teater modern maupun teater non-Barat. Sejak tahun 2013, Teater Garasi mengubah bentuknya lagi menjadi Garasi Performance Institute.

Teater Garasi juga telah bekerja sama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri seperti :

Centre Culturel Francaise (CCF), The Japan Foundation, Asialink,  OSI-Open Society Institute Development, The Royal Netherland Embassy, Hivos, Institusi seni pertunjukan. Serta Festival Bertaraf nasional maupun internasional seperti : Art Summit, In Transit Festival-Berlin, Physical Theater-Tokyo.
Di bawah arahan Direktur Artistik Yudi Ahmad Tajudin dan Direktur Eksekutif Kusworo Bayu Aji, sejak 2004, Teater Garasi telah berhasil mempresentasikan karya-karyanya di panggung internasional seperti Insomnia-48 di Singapura (2004), Festival In Transit yang diselenggarakan oleh The House of World Cultures, Berlin (2005), dan Physical Theatre Festival dan The Saison Foundation, Tokyo (2005 & 2006).

Dalam upaya mewujudkan visinya, di samping menciptakan karya/proyek pertunjukan, Teater Garasi juga melakukan kerja-kerja kajian teater dan peningkatan pengetahuan.

Tertarik ingin bergabung?

Ini media sosialnya :

Akun Facebook Komunitas Teater Garasi

Grup Facebook Komunitas Teater Garasi

Twitter Komunitas Teater Garasi

Titip salam yah dari youthyakarta.com

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts