hujan

Tips Liburan ke Jogja Saat Musim Hujan

Jogja itu kota dengan seribu kenangan.

Rasanya ingin sekali berkunjung ke Jogja bagi kita yang karena suatu hal, seperti bekerja atau urusan lain harus dengan rela meninggalkan Jogja, kota yang telah menemani kita selama menempuh pendidikan. Kota yang damai diapit laut di selatan dan gunung di utara, serta suasana ramah penduduknya membuat kita betah berada di Jogja.

Bagi kalian yang ingin kembali berkasih dengan suasana Jogja bulan-bulan ini, tapi terhalang oleh hujan yang datang entah tak tentu. Kami ada sedikit tips liburan ke Jogja saat musim hujan. Tips ini bisa kalian pakai jika merasa diperlukan, ini dia :

  1. Sebagai persiapan sebelum berangkat, persiapkan diri Anda baik fisik maupun mental. Fisik yang sehat tentu saja akan lebih tahan dalam perubahan cuaca di Jogja.
  2. Alihkan agenda liburan pantai dan gunung ke destinasi lainnya yang lebih bersahabat, seperti di museum, candi, wisata belanja atau wisata kuliner.
  3. Bawalah peralatan yang mendukung selama liburanmu di Jogja, seperti raincoat, payung, jaket, menambah baju ganti, topi dll. Tentu Anda tidak ingin terdiam karena hujan yang menerpa saat di obyek wisata.
  4. Perbekali setiap perjalananmu dengan P3K secukupnya. Bagi Anda yang mengidap penyakit tertentu, pastikan selalu mengemas obat-obatan pribadi secara baik dan cukup untuk menghindari kesulitan mencari obat di kawasan liburan Anda.
  5. Minum suplemen dan vitamin secukupnya serta minum air putih lebih banyak. Pastikan bahwa Anda membawa suplemen dan vitamin untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Jangan sampai liburan Anda berakhir dengan sakit. Selain itu, aktifitas di kala liburan tentu sangat padat dan akan membuat Anda kekurangan cairan. Pastikan Anda meminum air putih secara cukup agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu air putih juga membantu tubuh Anda untuk bermetabolisme.
  6. Bagi yang ingin mencoba untuk memacu adrenalin, Anda bisa melakukan aktivitas arung jeram di Sungai Elo, cave tubing di Goa Pindul, atau riverboarding di Sungai Pusur.
  7. Untuk menghindari terhambatnya liburanmu, pergunakan jasa rental mobil.
  8. Bagi yang beragama muslim, berikut sedikit kutipan dari Surat Yunus:
    “Telitilah olehmu apa yang ada dilangit dan apa yang ada di bumi. “Dengan keadaan itu Allah akan membuka pikiranmu, karena Allah tidak mengajarkan: “Pandanglah lapisan langit itu, supaya tidak menunjukkan kepadamu wujudnya benda-benda itu.”

Sekian tips nya, semoga bermanfaat! 😉

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts