kost feature

Tips Mencari Kost yang Nyaman di Jogja

Bagi mahasiswa baru yang diterima kuliah di Universitas Jogja, kadang bingung mencari tempat kost yang nyaman untuk ditinggali karena berbagai alasan.

youthyakarta.com kali ini akan membagi tips mencari kost yang nyaman di Jogja dengan kriteria antara lain :

  1. Carilah kost dengan kaki sendiri. Maksudnya adalah mencari kost dengan berjalan-jalan dan melihat-lihat tempatnya serta lingkungan sekitarnya. Dan jangan percaya dengan iklan-iklan kost yang ada di koran, karena biasanya iklan-iklan tersebut menipu, tidak sesuai harga, tidak sesuai kondisi yang ditulis di koran, dan lain-lain.
  2. Jangan berharap dan terpaku dengan kost-kost yang ada disekitar kampus, karena biasanya mahal. Perluas pencarian, biasanya kost yang agak jauh dari kampus itu nyaman, murah, dan tenteram.
  3. Tanya! Perbanyaklah bertanya dengan sesama mahasiswa atau orang sekitar, agar kita punya rekomendasi dari mereka tanpa harus survey secara mendalam, sebab mereka bisa kita percaya.
  4. Cari kost yang agak sedikit tidak bebas, kenapa..? Karena dengan begitu yang punya kost bisa mengetahui siapa saja yang tinggal disekitarmu, siapa tamunya, dan lain-lain, sehingga dengan begitu jika ada barang-barang yang hilang atau sesuatu hal yang tidak diinginkan, bisa diketahui dengan cepat, karena punya kost cukup mengetahui anak-anak kostnya.
  5. Kalo bisa, cari kost yang mempekerjakan orang untuk bersih-bersih atau OB. Hehee.. Dengan begitu kost kamu akan rapi.
  6. Perhatikan daya listrik dan sistem pembayaran uang listrik. Sistem pembayaran uang listrik beda-beda, ada yang tergantung barang bawaan, ada yang tiap bulan sudah dipatok dan bebas membawa barang apapun, dan ada yang diatur sama anak kost sendiri. Pilih sesuai pilihanmu.
  7. Banyak sedikitnya kamar kost serta luas kamar kost dan ruang terbuka kost mempengaruhi kebisingan kost. Nanti kamu akan merasakan ketika punya banyak tugas kuliah yang numpuk atau kamu sedang mengerjakan Tugas Akhir a.k.a Skripsi.
  8. Pahami aturan tertulis kost yang akan kamu tinggali. Jangan sampai kamu melanggarnya yah..
  9. Jam malam. Rata-rata kost mempunyai jam malam dan tidak. Nah disini kamu terserah memilih sesuai kebutuhan.
  10. Fasilitas. Seperti kamar mandi, wc, air, dan lain-lain. Gak enak rasanya kalo lagi buru-buru berangkat pagi harus ngantri lama di kamar mandi, atau malah gak bisa mandi karena airnya habis pas musim kemarau. Hadeehh.. Kamu harus teliti dengan ini.
  11. Harga. Bandingkan fasilitas dengan harga yang ditawarkan. Dan bandingkan dengan kost yang lain.

Sekian tips mencari kost yang nyaman di Jogja. Semoga bermanfaat.

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts