Jersey_indonesia

Turnamen AFF Cup

TAU NGGAK SIH?

Piala AFF atau AFF Cup digagas pada tahun 1996 oleh Federasi Sepakbola ASEAN (AFF). Awalnya turnamen antar bangsa ini bernama Piala Tiger atau Tiger Cup. Nama ini diambil dari nama sponsor utama turnamen yaitu sebuah perusahaan beer ternama asal Singapura. mengenai nama ini, federasi sepakbola Brunei pernah tidak ikut AFF cup. Setelah kontrak sponsor habis, nama berubah menjadi AFF Cup sampai tahun 2007. Pada tahun 2008 nama turnamen berubah lagi menjadi AFF Suzuki Cup.

AFF Cup

Pada edisi perdana tahun 1996, semua negara ASEAN ikut mengikuti turnamen ini dan yang menjadi juara edisi perdana ini adalah Thailand. Tahun 1998, format turnamen AFF Cup ini diubah. Tim semifinal AFF Cup edisi sebelumnya otomatis langsung masuk ke putaran final. Sedangkan 6 peserta lain harus berjibaku melalui babak kualifikasi.

Info Menarik: Nelson Mandela Meninggal

Indonesia sendiri selama keikutsertaan di turnamen ini belum sekalipun menjadi juara AFF Cup. Indonesia hanya menjadi spesialis runner-up tahun 2000, 2002, 2004, 2010.

Sampai sekarang hanya Singapura (4 kali), Thailand (3 Kali), Malaysia dan Vietnam (1 kali) yang mampu menjadi juara turnamen AFF Cup

About the author

Mohammad Rikza

View all posts