samin

Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (SAMIN), Peduli Anak

Pada sekitar tahun 1980-an banyak isu-isu negatif terhadap anak, antara lain : perdagangan anak, penganiayaan, eksploitasi, dan lain-lain. Hal itulah membuat terciptanya Yayasan Samin. Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (SAMIN) adalah organisasi Non Pemerintah yang bekerja pada isu (hak-hak) anak. Organisasi ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1987 dan awalnya memposisikan diri sebagai support group untuk mendorong keperdulian berbagai pihak terhadap isu-isu anak dan mendukung pihak-pihak yang bermaksud mengembangkan program untuk anak.

Program awal Yayasan Sekretariat Anak Muda Indoensia (SAMIN) adalah mempromosikan pendidikan alternatif bagi anak-anak di 2/3 propinsi di Indonesia yang ada pada saat itu. Isu lainnya yang pernah menjadi perhatian adalah anak jalanan, buruh anak, dan eksploitasi seksual komersial terhadap anak. Sejak tahun 1995, Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (SAMIN) mulai mendalami isu hak-hak anak yang kemudian dikembangkan sebagai perspektif kerja.

Tujuan program mulai difokuskan kepada promosi atas hak-hak anak dan melakukan advokasi kepada Negara untuk menjalankan kewajiban-kewajibannya untuk menghargai, melindungi dan memenuhi hak-hak anak.

Pada tahun 2000, sehubungan dengan pelayanan langsung terhadap anak, Yayasan Sekretariat Anak Muda Indonesia (SAMIN) memilih kelompok anak-anak yang menjadi korban kejahatan seksual dan anak-anak yang berkonflik dengan hukum.

Bagi yang ingin tahu lebih dalam dengan Yayasan ini dan lain-lain, silahkan datang saja ke :

Jl. Sidikan Gg. Saridi, UH V/567
Yogyakarta – 55161
P.O.Box 1230 Yogyakarta
55012 Indonesia

Telp : +62 (274) 4 123 01, 412431
Fax : +62 (274) 4 123 01

Email :[email protected] [email protected]
Website: www.yayasan-samin.org

Salam yah buat Yayasan Samin dari youthyakarta.com

 

About the author

Abdul Aziz Muslim Alqudsy

View all posts