android

Yogyakarta Android Community, Komunitas Android di Jogja

Yogyakarta Android Community atau disingkat YAC merupakan komunitas bagi para pengguna dan developer berbasis android di Yogyakarta. Komunitas ini merupakan tempat berbagi ilmu tentang android dan seluk beluknya serta tempat untuk berbagi ilmu antar developer dalam membangun aplikasi berbasis android.

Yogyakarta Android Community (YAC) dibentuk pada 18 januari 2011. Awalnya merupakan sebuah group di Facebook hingga terus merambah ke media sosial lainnya seperti Twitter, Whatsapp dan sekarang lebih aktif di Telegram. Tujuan awal dibentuk untuk membantu user pengguna android seperti cara mengoprek gadget, custom room, rooting, konsultasi gadget dan sempat pernah membuat acara berjudul “Galau Gadget”.

yogyakarta android community

Sekitar tahun 2013 YAC sempat ditinggalkan anggota-anggotanya dikarenakan berbagai alasan. Namun beberapa anggota komunitas yang masih bertahan dan masih mempunyai komitmen dengan keberadaan YAC berusaha membangun kembali Yogyakarta Android Community. Mereka berusaha membangun kembali serta mengubah Yogyakarta Android Community menjadi sebuah komunitas yang lebih aktif di dunia pengembangan software (Software Development) bukan lagi sebagai pengguna (End user).

Info Menarik: Save Street Child Jogja

Selain di media Facebook dan Telegram para anggotanya berinteraksi, sekarang YAC mempunyai agenda rutin mingguan. Adapun agenda rutin mingguannya adalah “Kelas Koding Android” yang dilaksanakan setiap jum’at malam di sebuah kafe di daerah Nologaten. Rencana kelas ini akan dibuka pendaftaran lagi apabila kelas yang sudah berjalan telah selesai materinya. Di acara ini anggota-anggota YAC berkumpul untuk belajar android dengan materi mulai dari tingkat beginner hingga expert. Para anggota yang datang tiap jum’at malam akan mendapatkan ilmu tentang android development seperti coding, problem solving sampe ke ranah project. Mereka akan diajar dan didampingi oleh beberapa mentor yang berpengalaman di dunia android development yang dengan sukarela berpartisipasi membantu memberikan ilmunya.

Dengan diadakannya “Kelas Koding Android” tiap jum’at malam tersebut diharapkan anggota-anggota dari Yogyakarta Android Community bukan hanya berhenti sebagai pengguna android saja tapi mampu membuat atau mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis android yang bermanfaat serta menularkan ilmu yang didapat ke orang lain tentunya.

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts