header

YouthSpeak Forum 2016

AIESEC UGM pada Sabtu, 26 November lalu, telah melangsungkan YouthSpeak Forum 2016 atau sebuah seminar, diskusi panel dan workshop yang mengambil tema tahun ini yaitu Enterpreneurial Mindset to Eradicate Povety sebagai bentuk dukungan dari Sustainable Developments Goals atau SDG nomer satu tentang No Poverty. Bertempat di Ballroom, Hotel Harper Mangkubumi, Yogyakarta, YouthSpeak Forum 2016 digelar dengan menghadirkan empat pembicara utama dari berbagai kalangan yaitu Maria Harfanti, Miss Indonesia 2015, Jockie Heruseon, GM Broadband Product Marketing Telkomsel, Aria Bima, anggota DPR RI, dan Vania Santoso dari UNICEF Indonesia.

Pemilihan tema untuk YouthSpeak Forum tahun ini didasarkan atas survei yang dilakukan oleh AIESEC UGM terkait masalah di Yogyakarta yang memerlukan keseriusan untuk ditangani. Kemiskinan di Yogyakarta yang tergolong besar di Indonesia membuat tema ini diangkat dalam YouthSpeak Forum pada 2016. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran khususnya para pemuda terkait masalah yang nyata yang ada disekitarnya dan menumbuhkan niat dan kemauan untuk memulai langkah-langkah kecil dan positif yang berdampak untuk mengurangi masalah tersebut.

Antusiasme yang sangat tinggi untuk memerangi masalah kemiskinan di Yogyakarta terlihat melalui jumlah peserta yang mendaftarkan diri mengikuti YouthSpeak Forum 2016 ini yang mencapai 200 orang. Tak hanya dari kalangan mahasiswa, pekerja, namun komunitas-komunitas kepemudaan juga turut hadir dalam YouthSpeak Forum 2016.

Info Menarik: Alasan MU kalah

Selain seminar dan diskusi panel, salah satu hal yang membedakan YouthSpeak Forum dengan seminar lainnya adalah adanya workshop. Workshop pada YouthSpeak Forum kali ini melibatkan empat pihak yaitu Telkomse, Permata Indonesia, 1000 Startup dan Project Child. Hal seru yang dijumpai dalam workshop ini adalah peserta dibagi dalam empat kelas tersebut, setelah penyampaian materi, para peserta ditantang untuk merumuskan sebuah projek yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan. Disini dapat terlihat banyak ide-ide kreatif pemuda dalam merumuskan projek tersebut. Selain itu, projek-projek ini akan dilombakan dan yang menjadi terbaik akan dikirim dan dipresentasikan pada YouthSpeak Summit 2016 yang diselenggarakan oleh AIESEC Prasetya Mulya pada 3 Desember 2016 mendatang.

aiesec 2 aiesec

Acara Youthspeak Forum diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada beberapa komunitas yang ada di Yogyakarta atas kontribusinya dalam kehidupan sosial dan juga kelompok yang berhasil menciptakan ide terbaik untuk mengatasi permasalahan kemiskinan.

About the author

Ardhi Wiratama

Pemuda penyuka pokemon dan mbak-mbak berjilbab

View all posts